Kamis, 02 Januari 2014

tafsir ayat aqidah




Terjemah  surat jin 14 “sesungguhnya di antara kami ada jin yg taat dan adajuga yg jahat,curang menyeleweng dari kebenaran, maka siapa yag islam taat,mka mrekalah yg memilih jln yg lurus”
 Tafsir nya yg di ambil dari ibnu katsir ,sebenarnya tafsir ini berhubungan dg ayat-ayat sebelumnya dan masih dalam satu bahasan yaitu tent jin,,yang tafsirnya seperti ini : menurut ibnu katsir “dlm ayat2 ini allah mengungkapkan kpd umat yg beriman hakikat yg sebenr nya mengenai alam jin, bahwa mereka itu tidak lebih adalah makhluk biasa yg baik sholeh.dan ada jg yg durhaka kafir,mereka pun merasa mengetahui bahwa mrk takkan dpt melepas diri dari hukum allah jika mereka berbuat dosa, durhaka terhadap allah. Meraka juga mengerti bahwa orang yg beriman kepada allah akan terjamin bahagia dunia akhirat dan tidak khwatir akan merugi/binasa, sedang orang kafir akan mnjdi kayu bakar dlm neraka jahannam.( Ibnu katsir jilid 8, 1992:223)
Tafsir mufrodat :
Wa annan= minnal muslimuuna wa minnal qasithuuna, yakni setelah mendengarkan ayat2 suci al-qur’an kami menjadi berbeda-beda, sebagian dri kmi segera mengislamkan dri,sedangkan sebagian yg lainnya tetap dlm kekufuran.
Makna dari al-qasith adalah al-jaair (org2 yg menyimpang), karen seseorang yang qasith itu pasti telah menyimpang dari jalan kebenaran,kata al-qasith sendri asalnya adalah qasatha, yg maknanya adalah menyimpang, sedangkan makna dari aqsatha adalah melakukan penyimpangan.
Faman aslama faulaaaika tacharrou ra syadan, yakni mereka yg masuk ke dalam agama islam adalah orang-orang yang bermaksud mengambil jalan kebenaran dan meniatkannya.
Wa ammal qasithuuna, yakni menyimpang dari jalan kebenaran dan keimanan.
Fakaanuu li jahannama khathoba, yakni bahan bakar api neraka.
Bentuk fiil madhi yg di sebutkan dalam firman ini (fa kaanuu) menandakan bahwa mereka itu akan menjadi penghuni neraka menurut ilmu allah. (,tafsir al-qurthubi, 2009: 367)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar